Minggu, 12 Februari 2017

Tips dan Trik Agar Lele Tumbuh Merata Sampai Panen

Tips dan Trik Agar Lele Tumbuh Panen Merata || Tips Lele Tumbuh Panen Merata - Buat anda semua yang belum faham tentang dunia perikanan kususnya ikan lele mungkin ini bisa jadi refrensi buat anda semua baik kali ini saya akan bangikan pemngalaman tentang Hal-hal yang perlu diperhatikan agar bibit lele tumbuh merata sampai panen, dan dari kualitas bibit itu sendiri sampai pemberian pakan. Dari beberapa sumber dan pengalaman yang kami ketahui agar bibit lele dapat tumbuh besar merata sampai panen adalah sebagai berikut silahkan anda simak baik-baik sobat.

Tips dan Trik Agar Lele Tumbuh Merata Sampai Panen


Tips dan Trik Agar Lele Tumbuh Merata Sampai Panen

Kulitas Bibit Unggul


Asal bibit Unggul Untuk sekarang ini banyak sekali jenis-jenis induk lele yang sudah bersertifikat, contohnya lele Sangkuring, Phyton, Masamo, Mutiara dll. Tidak peduli jenis indukan apa yang mau anda pakai Yang paling penting adalah mendapatkan bibit kualitas 1 atau 2, biasanya pertumbuhan lele saat dari ukur (1-2)(2-3cm) sampai (3-5)(5-6cm) pasti tidak merata, jika di sortir akan menjadi 3 ukuran.

Maka dari itu cari pembibit ikan lele yang jujur yang memang benar-benar bisa dipercaya , minta bibit sortiran pertama atau kedua, kalau yang sudah kesekian kali bibit lele pertumbuhannya cenderung sangat lambat, tentu itu akan mempengaruhi waktu saat panen lele. Tapi kualitas bibit yang baik biasanya harganya juga berbeda dengan yang di pasaran. Minimal ukuran bibit lele ukur 46(6-7cm) atau ukur 57 (7-8 cm). Semakin besar ukuran bibit semakin lebih mudah perawatannya.

Sebelum membeli bibit lele sempatkanlah melihat, lihat kondisi bibit lele apakah sehat/stres/sakit. Lihat apakah gerakan lele aktif atau cuma diam saja di permukaan air dan terlihat menggantung. Ciri bibit lele yang sehat adalah yang aktif, tidak terlihat diam dan menggantung. Cermatlah dalam membeli bibit lele karena ketika kita membeli bibit yang tidak sehat memerlukan waktu 3-7 hari agar lele dapat beradaptasi di kolam yang baru.

Cara Pemberian Pakan


Ikan Lele tidadlah agresif seperti ikan gabus dan Pemberian pakan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan lele. Takaran Pemberian pakan di takar sesuai kebutuhan bibit lele, pemberian pakan langsung di tebar di kolam, jangan di satu titik karena ini akan menyebabkan hanya lele di titik itulah yang paling banyak makan pelet.

Bibit lele yang terlalu makan banyak pelet juga akan bermasalah karena kesulitan mencerna pelet tersebut. Usahakan pemberian pakan pelet lebih baik menggunakan probiotik karena pakan pelet yang difermentasi dengan probiotik jika dimakan lele akan mudah dicerna dan nutrisinya lebih mudah terserap oleh tubuh lele. Ini akan sangat menguntungkan karena nutrisi tidak banyak terbuang percuma dan pertumbuhan lele semakin cepat dan masa panen lebih pendek.

Dengan probiotik kita dapat menghemat pakan dan menurunkan FCR. FCR adalah konversi antara jumlah pakan dan daging yang dihasilkan setelah panen.Sebagai keuntungan lain dengan penggunaan probiotik adalah air kolam tidak bau, meminimalkan pergantian air yang cukup besar karena kualitas air akan terjaga.

Sebagai presentasi penyerapan nutrisi dengan probiotik dan yang tidak menggunakan probiotik adalah sebagai berikut:


  1. Pelet dengan probiotik adalah Nutrisi pelet yang terserap tubuh lele lebih dari 40% bahkan dgn kondisi tertentu bisa sampai 70% jika difermentasi minimal 12 jam.
  2. Pakan tanpa probiotik adalah Nutrisi pakan yg diserap tubuh ikan maksimal 40%.

Baca Juga:
Panduan Sukses Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal
Tehnik Sukses Pembesaran Ikan Lele Agar Cepat panen

Terima kasih atas kunjungan anda dan tentang Tips dan Trik Agar Lele Tumbuh Panen Merata Sampai Panen  diatas senoga bermanfaat buat kita semua dan semoga sukses selalu amin.

Related Posts

Tips dan Trik Agar Lele Tumbuh Merata Sampai Panen
4/ 5
Oleh

1 komentar: