Minggu, 12 Februari 2017

Cara Mengobati Penyakit Borok Bintik Merah / Aeromonas Pada Lele

Cara Mengobati Penyakit Borok Bintik Merah ||Penyakit Aeromonas Pada Lele adalah salah satu penyakit yang menjadi momok para petani,karna penyakit ini sedikit berbeda dengan yang lain yaitu dengan ciri borok berwarna merah dan kulit ikan mengelupas dan ini disebabkan oleh bakteri aeromonas.Lele juga salah produk yang bisa dibilang komoditi unggulan karna permintaan pasar yang cukup besar.

Ciri- Ciri Ikan yang Terserang Penyakit Aeromonas



Ciri- Ciri Ikan yang Terserang Penyakit Aeromonas

Dan inilah salah satu hambatan/kendala para petani yang bisa mengakibatkan para petani merugi,tidak jarang para petanni yang sabar dalam menghadapi peyakit ini. Penyakit ini muncul karna kualitas air pada kolam anda dalam kondisi kurang baik atau buruk,terutama jika kandungan bahan organiknya meninggi akibat perubahan musim dari panas ke hujan. Penyakit ini dapat menular melalui perantaraan air, peralatan kerja, lele carrier serta tumbuhan air.

Ciri – ciri ikan lele yang telah terserang oleh Bakteri Aeromonas sp dan Pseudomonas sp

Beberapa ciri lele yang telah terserang oleh Bakteri Aeromonas sp dan Pseudomonas sp yaitu pada pangkal sirip dada lele terdapat benjolan yang berwarna merah, perut burayak lele menjadi bengkak serta badan lele dewasa penuh dengan borok dan lele terlihat tidak sehat.

Penyakit ini dapat dicegah apabila kolam selalu dijaga dalam kondisi bersih, rajin melakukan penyucian terhadap semua peralatan kerja serta karantina lele yang sakit atau yang masih baru.

Baca Juga:

Baik sobat berikut adalah 3 cara pengobatan  untuk mengatasi penyakit ini:

  • Perendaman

>> Ikan lele direndam di larutan PK berdosis 10 – 20 ppm selama 30 – 60 menit.
>> Ikan lele direndam di larutan oxytetracycline berdosis 5 ppm selama 24 jam.
>> Setelah itu ikan lele direndam di larutan emequil berdosis 5 ppm selama 24 jam.

  • Pakan

>> Cara Pengobatanya yaitu melalui pakan dan dapat diberikan dengan cara mencampurkan oxytetracycline sebanyak 50 mg / kg ikan selama 10 hari.

  • Penyuntikan (Dilakukan Terhadap Lele Idukan)

>> Disuntik secara intraperitomeal / intra muscular dengan menggunakan oxytetracycline 20 mg / kg ikan – 40 mg / kg ikan.
>> Disuntik secara intraperitomeal / intra muscular dengan menggunakan kanamcyin 20 mg / kg ikan – 40 mg / kg ikan.
>> Disuntik secara intraperitomeal / intra muscular dengan menggunakan steromycin 20 mg / kg ikan – 40 mg / kg ikan.

Dan demikian lah sekilas penjelasan tentang bagaiman Cara Mengobati Penyakit Borok Bintik Merah / Aeromonas Pada Lele mungkin hanya itu saja ulasan dari saya dan semoga bermanfaat buat anda semua terima kasih atas kunjungan anda  dan salam sukses dari saya amin.

Related Posts

Cara Mengobati Penyakit Borok Bintik Merah / Aeromonas Pada Lele
4/ 5
Oleh