Jumat, 10 Februari 2017

Cara Mengobati Kolam Lele Berbusa dan Penyebab-Penyebabnya

Cara Mengobati Kolam Lele Berbusa || Penyebab dan Cara Mengobati Kolam Lele Berbusa - Baik kawan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang kolam lele yang berbusa dan saya pun pernah mengalami hal ini bahkan lebih parah lagi sudah berbusa di tambah ikan lelenya Menggantung dan juga diikuti dengan Kembung hal ini pernah menjadikan saya pusing dan bingung maka dari itu saya akan bagikan kepada anda dan alhamdullillah berhasil.

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang terbilang hebat karna sanggup hidup di berbagai kondisi dan juga dalam kepadatan yang tinggi.Maka dari itu ikan lele sangat cocok bila kita bisa melakukan intesitas lahan secara maksimal yang bisa memberikan keuntungan yang cukup besar.

Cara Mengobati Kolam Lele Berbusa

Cara Mengobati Kolam Lele Berbusa

Penyebab dan Cara Mengobati Kolam Lele Berbusa


Busa yang muncul di permukaan air kolam ini salah satunya bisa dihubungkan dengan tingginya jumlah ikan di dalam kolam. Kolam berbusa dan muncul gelembung-gelembung kecil Pada satu kolam pemijahan yang umumnya berukuran kecil, padahal dari satu induk ikan lele dapat menghasilkan ribuan hingga puluhan ribu benih.maka dari itu bisa disimpulkan karna ikan terlalu padat dan juga bisa karna curah hujan yang terlalu tinggi yang menjadikan PH air turun pada waktu musim hujan Pada kasus seperti ini baik segera dilakukan langkah penjarangan setelah benih berusia beberapa hari dengan membagi benih lele menjadi beberapa kolam.

Penyebab Kolam Lele Berbusa


Ada beberapa penyebab yang diantaranya yaitu:


  • Adanya gelembung-gelembung di kolam lele biasanya dihasilkan oleh lendir lele karena faktor bibit lele stres yang sehingga mengeluarkan lendir.
  • Karena jumlah bibit di kolam terlalu padat.
  • Karena sangat tingginya kadar organik yang terlarut di dalam air. Bahan organik ini dapat berasal dari sisa kotoran lele yang tidak terurai dan sisa pakan yang tidak dimakan lele.
  • Karena adanya ledakan alga atau bisa disebut juga dengan algae blooming, yang ledakan alga tersebut terjadi karena proses pemupukan yang terlalu berlebihan penggunaan katalis plankton.
Hal-hal tersebut menjadikan para petani rugi karna kematian ikan lele yang tinggi dan pada umumnya karna faktor kepadatan dari benih yang ada dan tidak di imbangi dengan pergantian volume air yang kurang maksimal 

Baca Juga:

Tehnik Sukses Pembesaran
Panduan Sukses Budidaya

Cara Mengatasi Kolam Lele Berbusa


Dan bila anda dalam kondisi musim penghujan sebaiknya anda tutup kolam anda dengan terpal dan esoknya buka penutup kolam anda dan bila terjadi ada buih-buih busa pada kolam terpal Untuk mengatasinya yakni dengan cara buang air bagian bawah sebanyak 40% kalau sudah isi kembali kolam dan lele wajib dipuasakan kurang lebih 1 hari sampai ikan lele tersebut lincah. Anda juga bisa memberikan pakan sedikit dan diberi probiotik supaya bakteri pengurai kembali bertambah sehingga media menjadi stabil.

Mengatasi Kolam Lele Berbusa

Mengatasi Kolam Lele Berbusa


  • Untuk kolam yang terlalu padat dapat dengan melakukan anda bisa melakukan penggerojokan air secara terus menerus sampai ikan agak terlihat stabil.
  • Anda juga bisa melakukan pembersihan kotoran yang berada dalam kolam anda dengan menggunakan spon atau sapu ijuk kecil yang dibuat kecil sesuai kebutuhan anda 
  • Anda juga bisa memberikan antibiotik yang sifatnya bisa dapat mengembalikan ph air

Catatan bila memang semua langkah diatas terlalu berat bagi anda,anda bisa melakukanya satu persatu dan tidak perlu harus bersama,dan demikinlah pengalaman saya yang bisa saya berikan dan semoga bermanfaat bagi anda semua dan semoga sukses.

Related Posts

Cara Mengobati Kolam Lele Berbusa dan Penyebab-Penyebabnya
4/ 5
Oleh