Senin, 13 Februari 2017

Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati

Seputarternakin ||Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati - Bagi para pemula pastinya lele yang mati setiap hari adalah suatu kendal yang sangat besar karna belum pernah mengalaminya sama sekali maka dari itu untuk para pemula harus tau dan teliti tentang penyebab lele tersebut bisa mati kadang bisa terkena penyakit atau bisa bibit lele memang tidak baik.

Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati

Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati


Namun bagi pembudidaya lele hal tersebut juga bisa terjadi adapun hal-hal yang harus diperhatikan adalah menyiapkan kolam sebelum menebar bibit,agar lele tidak kepanasan tidak kena hujan, ketinggian air, kualitas air dan lain sebagainya.

Mengenai hal-hal tersebut untuk pemula harus lebih sering terhadap orang-orang yang lebih ahli atau sudah berpengalaman namun disini anda juga bisa belajar langsung dan tampa malu untuk bertanya dan juga anda tidak perlu membuang buang waktu luang anda yang perlu diperhatikan apabila anda mengalami kematian setiap hari yaitu bibit itu sendiri apakah memang bibit unggul atau memang kurang baik.

Permasalahan yang sering muncul dari para peternak ikan lele kenapa bibit lele setiap hari ada saja yang mati. Untuk kematian dibawah 5 ekor di awal penebaran sih terbilang tidak masalah, namun setelah 3-4 hari bibit lele setiap hari mati 10 hingga 100 ekor dengan hal demikian terbilang masalah yang besar. Dalam hal ini bibit lele yang mati biasanya tenggelam dan keesokan harinya baru mengambang, kematian setiap hari yang terjadi berturut-turut yang menyebabkan setiap hari bibit lele selalu ada yang mati.

Ada 3 hal yang menjadi permasalahan atau yang sering diabaikan tapi sangat berpengaruh pada kehidupan lele.

>>Kepanasan

Kolam yang berhadapan langsung dapat menyebabkan kepanasan, dan lendir lele akan mengelupas, mulut dan ekor lele akan berwarna merah, mengambang dan kemudian mati.

>>Kehujanan


Curah hujan dengan intensitas yang tinggi akan menyebabkan PH air kolam menjadi turun dan ini akan menyebabkan masalah pada bibit lele. Nafsu makan berkurang, mengambang dan mati.

>>Pakan Berlebihan


Pemberian pakan yang berlebihan juga menyebabkan masalah pada bibit lele. Pembusukan bahan pakan organik dan un-organik yang tidak terurai yang berasal dari sisa makanan menyebabkan amoniak, dan itu akan menyebabkan masalah pada bibit lele. Kebanyakan lele cenderung naik ke atas permukaan air dan selang 1 hari akan banyak yang mati.

Kenapa Bibit Lele Ada Yang Mati Setiap Hari


Catatan penting yang sangatlah perlu dalam membudidayakan lele adalah dengan menyiapkan kolam sebelum akan menebar bibit. Lalu bagaimana supaya lele tidak kepanasan tidak terkena guyuran air hujan langsung , ketinggian air, kualitas air dan lain sebagainya.

Berikut adalah Cara mengatasinya

  • Lakukan pemindahan lele pada sore/pagi hari ke kolam yang sudah siap. Koalam yang terisi air Minimal air sudah didiamkan selama 7 hari dan sudah diberi probiotik sehingga muncul hewan-hewan kecil yang akan menjadi pakan alami lele. 
  • Waktu pemindahan dikolam akan terlihat bangkai bibit lele yang ada didasar kolam, biasanya bangkai didasar kolam lebih banyak dari pada yang mengambang. 
  • Puasakan Ikan selama 1 hari dan beri pakan dengan takaran sedikit seiring pergantian hari dan pemberian pakan di tambah sesuai kebutuhan lele.
Demikianlah ulasan tentang Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati dan semoga apa yang telah disampaikan bisa bermanfaat buat anda semua 

Related Posts

Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati
4/ 5
Oleh