Minggu, 12 Februari 2017

Cara Membuat Pakan Alternatif Yang Ekonomis Untuk Lele

Cara Membuat Pakan Alternatif || Cara Membuat Pakan Alternatif Yang Ekonomis Untuk Lele -Salah satu komoditi unggulan yang saat ini menjadi tran yaitu pembesaran ikan lele dan yang sering dikeluhkan oleh para petani yaitu mahalnya pakan ikan yang kian hari terus bertambah dan bila tidak diimbangi dengan harga pasar yang naik maka petrnak ikanlah yang menjadi korban atau merugi maka dari itu silahkan anda simak tentang bagaimana Cara Membuat Pakan Alternatif Yang Ekonomis pada lele.

Cara Membuat Pakan Alternatif Yang Ekonomis

Cara Membuat Pakan Alternatif Yang Ekonomis


Banyak para Pembudidaya Ikan yang biasa memberikan pakan komersial untuk budidaya ikan mendapat hasil yang mengejutkan setelah mengaplikasikan probiotik. Dengan menggunakan probiotik Pembudidaya Ikan mengaku bisa menekan FCR (Feed Conversion Ratio) dalam penggunaan pakan komersial hingga 1 kg untuk menghasilkan 1 kg Ikan. Selain itu penggunaan Probiotik juga bisa mempercepat waktu pemeliharaan.

Pada dasarnya aplikasi probiotik pada pakan ikan ini memang menuntut ketelatenan. Pasalnya pembudidaya ikan setiap hari harus melakukan pencampuran probiotik dengan pakan ikan. Pembudidaya Ikan sendiri melakukan pencampuran probiotik dengan pakan ikan ini saat pagi hari yang kemudian digunakan untuk pemberian pakan pagi dan sore hari.

Baca Juga:

Pakan Alternatif Yang Ekonomis

Salah satu upaya atau tambahan pakan alternatif  untuk pertumbuhan pada ikan lele cepat besar ialah dengan pemberian pakan yang berbahan dasar daging (protein hewani). Untuk pakan yang bagus agar dapat mendorong pertumbuhan lele dengan cepat ialah dengan keong mas, bekicot dan manggot. Apabila menggunakan pakan pabrikan “pelet” berikan yang berprotein tinggi, aroma pelet berprotein tinggi lebih kuat dibanding dengan protein yang rendah.

Sebagai dasar Pemberian pakan/pelet pembesaran sama dengan pemberian pakan pembenihan tapi jenis pakan dan porsinya berubah dengan menyesuaikan dengan tingkat pertumbuhan pada lele tersebut. Semakin besar untuk ukuran lele maka semakin banyak pula pakan yang akan dibutuhkan. Untuk mengirit pada pakan salah satu caranya ialah dengan membuat pakan tambahan yang dapat di selang seling dengan pakan pelet.Namun inti dari pakan ikan lele adalah Pelet.

Berikut adalah Cara Membuat Pakan Ekonomis Untuk Lele


Adapun hal-hal dan beberapa bahan yang diperlu disiapkan adalah:

  • Tepung Ikan 1 = 1 kg tepung ikan
  • Ampas tahu 10 = 10 kg ampas tahu.
  • Katul/dedek halus  5 = 5 kg katul atau dedak halus.
  • Ikan asin Bs  1 = 1 kg ikan asin bs.

Dalam hal ini kemudian pada ikan asin direbus dan dihaluskan, lalu campur dengan perbandingan 10:5:1 selanjutnya aduk jadi satu dan lalu berikan sesuai dengan kebutuhan pada lele anda tersebut.dan demikianlah kilasan tentang Cara Membuat Pakan Alternatif Yang Ekonomis Untuk Lele dan terima kasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat.

Related Posts

Cara Membuat Pakan Alternatif Yang Ekonomis Untuk Lele
4/ 5
Oleh