Selasa, 07 Februari 2017

Cara Mengobati Lele Moncong Putih Ampuh Terbukti

Cara Mengobati Lele Moncong Putih || Cara Mengobati Lele Moncong Putih Ampuh Terbukti - semakin banyaknya jumlah pertumbuhan peternek ikan lele juga di imbangi dengan semakin kuat dan banyak penyakit yang berkembang maka dari itu untuk mengatasi semua itu kita harus teliti dan selalu berbagi informasi kepeda semua orang dan kali ini saya akan bagikan bagaimana cara mengobati ikan lele yang terkena moncong putih.

Penyakit moncong putih sudah sangat familiar bagi para pembudidaya lele. Apabila penanganan dilakukan dengan cepat, akan dapat menyelamatkan 20% total kematian yang timbul akibat penyakit ini,” ungkap drh. Putu Eka Sudaryatma dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Denpasar.

Cara Mengobati Lele Moncong Putih


Cara Mengobati Lele Moncong Putih

Menurut Ir. Taukhid, M.Sc., Peneliti Madya Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPPBAT) Bogor, “Penyakit mulut putih pada benih ikan lele merupakan penyakit complex aetiological agents. Karena disebabkan oleh beberaba faktor (biotik dan abiotik) yang saling memperburuk status kesehatan ikan.

Hal ini di sebabkan karna kondisi lingkungan terutama PH air yang tidak menentu karna cuaca atupun iklim hal-hal inilah yang menyebabkan atau pemicu timbulnya penyakit Moncong Putih.Namun ada pula juga faktor-faktor lain yakni pemberian pakan yang tidak seimbang dengan kebutuhan sehingga mengakibatkan kualitas PH air yang berubah maka dari itu kita harus teliti tentang pemtumbuhan dan kebiasaan ikan tersebut karna tidak lain hanya kita yang tau kondisi atau perubahan disetiap harinya.

Penyakit Moncong Putih disebabkan karena adanya luka terbuka yang bisa disebabkan oleh parasit eksternal dan adanya trauma seperti benturan atau gesekan pada saat sortir dilakukan yang mengakibatkan infeksi pada luka tersebut yang tampa kita sadari akan luka ikan tersebut dan pada umumnya kita pasti beranggapan bahwasanya bibit ikan yang kita pilih teryata juga mengalami trauma ataupun luka.

Baca Juga:
Cara Mengobati Ikan Lele yang Terserang Sirip Merah
Cara Pengobatan Lele Menggantung

Cara Mengobati Lele Moncong Putih Ampuh 


Jantung Pisang


Jantung Pisang

Jantung Pisang merupakan salah satu obat-obatan herbal untuk pengobatan ikan lele yang terkena penyakit moncong putih .

Dengan cara sebagai berikut:


  • Carilah jantung pisang sesuai kebutuhan 
  • Cacah jantung pisang dan masukkan kedalam kolam
  • setelah 2-3 hari angkat semua cacahan tersebut


Bonggol Pisang juga dapat mengobati ikan lele yang terserang oleh jamur, selain itu bonggol pisang berfungsi juga sebagai penyetabil ph air, jangan sampai menambahkan bonggol pisang terlalu banyak, karena memberikan berlebihan dapat berakibat buruk pada lele dan mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan dan apabila anda menemukan kendala-kendala lain silahkan komentar di bawah ini dan selamat mencoba semoga bermanfaat.

Related Posts

Cara Mengobati Lele Moncong Putih Ampuh Terbukti
4/ 5
Oleh