Selasa, 07 Februari 2017

Cara Pengobatan Lele Menggantung di Permukaan Air Kolam

Cara Pengobatan Lele Menggantung || Cara Pengobatan Lele Menggantung di Permukaan Air -Hal- hal yang sering terjadi pada peternak ikan lele dan menjadikan sebuah momok para peternak ikan lele banyak sekali peternak yang sering mengeluh dan bartanya bagaimana cara penanggulangan atau cara pengobatan lele yang menggantung di permukaan kolam.Lele yang menggantung atau hampir berdiri bahkan ada yang bilang kalau sedang mengikuti upacara lele hehehe dan lele yang mengambang ini terkadang hanya sebagian saja, namun tidak jarang pada hampir seluruh permukaan kolam dipenuhi dengan lele yang sedang dalam posisi ini

Dugaan awal karna lele sedang kekenyangan karna kebanyakan ikan lele yang sudah terlalu kenyang juga mengambang akan tetapi perlu anda semua ketahui bahwaanya iken lele yang kekenyangan walaupun mengambang keatas permukaan kolam tetapi ikan tersebut masih aktif dalam bergerak kadang bisa di atas kadang juga terlihat di bawah itu bisa terlihat bila kolam anda semua dengan kondisi air yang jernih jika itu terjadi pada ikan lele anda silahkan anda lihat dulu pergerakanya apakah kekenyangan atau memang terserang penyakit.

Cara Pengobatan Lele Menggantung

Ikan lele yang menggantung diam ini belumlah tentu karena kondisinya yang sedang sakit. Lele yang menggantung bisa saja terjadi pada ikan yang sehat karena kondisi lingkungan kolam. Salah satu hal yang membuat lele menggantung adalah kualitas air yang buruk. Kotoran dan sisa metabolisme ikan akan memperburuk kualitas air kolam, juga sisa pakan. Kotoran yang membusuk akan salah satunya menghasilkan ammonia atau NH3 yang dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kematian ikan.

Kualitas Air Buruk

Kualitas Air Buruk

solusinya mungkin anda semua bisa melakukan pergantian air kolam sebanyak 50% atau sampai 70% dari volume air kolam tersebut dan usahakan pengurangan pakan bahkan hingga 80% dari biasanya setelah memang kondisinya sudah mulai membaik lalu anda semua bisa menambah volume pakan secara berkala lihat dan perhatikanlah ikan perkembanganya sampai benar-benar sehat.

Setelah pergantian air namun ikan tetap saja menggantung dapat mengindikasikan ikansakit. Ikan yang sakit dapat dideteksi dari-tanda-tanda yang ada.Nafsu makan banyak tapi ikan banyak yang mati bahkan ada pula Perut ikan yang membesar atau kembung dapat mengindikasikan lele sedang terserang penyakit. Selain perut kembung penyakit yang umum terkait kualitas buruk air kolam adalah timbulnya benjolan kecil-kecil di kepala ikan antara kepala dan tubuh ikan tidak seimbang.

Sebelum kita mempelajari khasiat dari bahan alami tersebut, kita perlu mengetahui bahwa penyakit pada ikan lele biasanya ditimbulkan dari perubahan suhu dan iklim secara ekstrim. Selain itu, faktor lingkungan dan pengetahuan yang kurang mengenai pembudidayaan ikan lele juga menjadi pemicu kegagalan dalam menggeluti usaha ini. 

Faktor lingkungan meliputi:

  • Suasana kolam yang terlalu teduh atau terlalu panas 
  • Lingkungan sekitar kolam yang kotor/ becek atau ditumbuhi semak belukar 
  • Suasana sekitar kolam yang terlalu bising 
  • Penggunaan air yang sudah tercemari bahan kimia berbahaya 
  • Banyak predator yang sering masuk kelingkungan kolam(burung,ayam, ular, biawak,dan lainnya) 
  • Udara disekitar kolam yang kurang sehat
Untuk itu saya akan berbagi kepada anda semua tentang pengalaman yang sudah saya pelajari dan saya selalu menggunakan obat-obatan herbal seperti

Daun Pepaya


Daun Pepaya

Daun Sirih


Daun Sirih

Mengkudu


Mengkudu

Simak Juga:
Cara Mengobati Ikan Lele yang Terserang Sirip MerahIkan Lele Agar Cepat panen Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Cara-Cara  atau Aplikasinya:


Usahakan air di dalam kolam anda sudah diganti dengan volume 50-805 carilah daun pepaya dan sirih kumpulkan lalu blender dengan air daun-daun tersebut secara bersama-sama dan lalu peras hasil blenderan tersebut dan siramkan ke kolam anda dan untuk mengkudu pilih mengkudu yang sudah matang lalu remas mengkudu tersebut dan tebarkan ke kolam anda dan tunggulah hasil dari pengobatan anda sampai benar berkhasiat.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan dan terima kasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat Ssemoga Sukses dan bila anda ada keluhan silahkan komentar di bawah ini.

Related Posts

Cara Pengobatan Lele Menggantung di Permukaan Air Kolam
4/ 5
Oleh

2 komentar

5 Agustus 2018 pukul 00.53 delete

Mohon solusi nya.... Bagaimana kalau ikan tidak mau makan dan bagaimana cara mengatasi nya... Trimakasih

Reply
avatar
26 Januari 2020 pukul 20.52 delete

knpa lele saya mengantung dan tiap hari ada yang mati

Reply
avatar