Rabu, 07 Juni 2017

Pengobatan Penyakit Kembung Dengan Ramuan Herbal Pada Ikan Lele

Pengobatan Penyakit Kembung Dengan Ramuan Herbal Pada Ikan Lele || Seputarternakin -Lele Kembung adalah Salah satu penyakit yang dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan pada ikan lele, baik secara langsung maupun tidak langsung. Gangguan terhadap tersebut dapat disebabkan oleh organisme lain, pakan, maupun kondisi lingkungan yang kurang menunjang kehidupan ikan lele. 

Dengan demikian timbulnya serangan penyakit ikan di kolam merupakan hasil interaksi yang tidak serasi antara ikan, kondisi lingkungan dengan organisme penyakit. Interaksi yang tidak serasi ini telah menyebabkan stress pada ikan, sehingga mekanisme pertahanan diri yang dimikinya menjadi lemah dan akhirnya mudah diserang oleh penyakit.
Salah satu penyakit yang menyerang ikan lele adalah terjadinya pembengkakan dibagian perutnya. Dan jika hal ini terjadi pada ikan lele yang anda pelihara, maka harus segera dilakukan penanganan yang intensif.

Penyebab Lele Kembung:

Lele banyak yang mati dengan ciri perut kembung, bahkan hampir semua dalam satu kolam mengalami hal yang sama. Kembung pada lele biasanya di sebabkan karena:
Pemberian makanan atau pelet yang kurang tepat. Pemberian pakan harus memenuhi standar agar bibit lele dapat tumbuh optimal dan sehat. Lele dikenal dengan ikan yang rakus. Ketika kita memberikan pakan lele yang berlebihan, lele akan terus memakan sampai perutnya penuh hingga pada akhirnya terjadi masalah pencernaan. Ini adalah salah satu yang menyebabkan lele kembung dan lama-kelamaan akan mengakibatkan kematian.


  • Tekanan gas didalam air berlebihan sehingga mengakibatkan “emboli” (penumpukan gas dalam gelembung renang atau kembung perut)
  • Tidak stabilnya antara pH lingkungan dengan pH didalam darah ikan.
  • Salah satu jenis bakteri bisa menghasilkan dampak perut gelembung (dropsy).

Pencegahan agar lele tidak kembung :

  1. Untuk pencegahan pelet lele kita bibis terlebih dahulu tunggu 20-30 menit sampai pelet sudah mengembang dan lembut. Penambahan probiotik pada pakan lele juga lebih baik, karena akan membantu proses pencernaan pada lele.
  2. Lakukan sirkulasi air pada kolam, bisa membuat kricikan air dari pralon yang di bolong kecil.

Bahan-bahan ramuan herbal yang perlu anda sediakan:

  • 3 batang Serai 
  • 100 gram Bawang putih .
  • 250 gram Kunyit 
  • 100 gram Lada 
  • 200 gram Kencur 
  • 200 gram Temulawak.
  • 500 gram Gula merah 
  • 5 liter Air.

Cara membuat ramuan herbal :


Haluskan bawang putih, kunyit, lada, kencur, temu lawak bersama gula merah.
Rebus hingga mendidih, lalu masukkan batang serai ke dalamnya. Tunggu hingga aroma batang serai meruap. Kemudian semua bahan-bahan yang telah dihaluskan dimasukkan. Panaskan dan aduk hingga merata semua bahan tercampur.
Kurang lebih 30 menit direbus dan sudah didapat aroma jamu meruap bahan bisa didinginkan terlebih dahulu. Air rebusan bisa ditambahkan 2-3 liter air. Saring air rebusan dan masukkan kedalam wadah, botol atau galon untuk menampung jamu.
Dosis pemakaian
100 ml + 1 liter air untuk kolam ukuran 4 x 2 meter, berikan 3-4 hari sekali.

Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga apa yang berada di artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua dan bila anda mempunyai pengalaman yang lebih silahkan anda bisa berbagi dengan saya dan semoga kita selalu diberi kemudahan dan kelancaraan dalam setiap berwirausaha amin.

Related Posts

Pengobatan Penyakit Kembung Dengan Ramuan Herbal Pada Ikan Lele
4/ 5
Oleh