Jumat, 09 Juni 2017

Cara Mengobati Jamur Saprolegnia SP Pada Ikan Lele

Seputarternakin ||Cara Mengobati Jamur Saprolegnia SP Pada Ikan Lele - Jamur saprolegnia merupakan jamur air tawar yang sangat memerlukan air untuk tumbuh dan berproduksi. Jamur jenis saprolegnia sp ini sering disebut juga dengan jamur ‘air dingin’, karena berkembang sangat baik di suhu yang dingin dan lembab. Dalam budidaya ikan lele kita juga harus memperhatikan tentang bagaimana cuaca saat ini dan bila cuaca tidak menentu seperti saat ini hujan panas dan bisa kita bilang cuaca ekstrim hal ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang akan bermunculan salah satu penyakit sering menyerang pada ikan lele yaitu jamur jenis saprolegnia sp yang memiliki bentuk seperti lapisan selaput.  

Penyakit Jamur saprolegnia dapat kita lihat pada lele yang mati, karena makanannya ialah jaringan organik yang sudah mati. Pada lele yang masih hidup jamur ini memakan jaringan yang terbuka dan busuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti borok, lele yang terinfeksi pertam-tama seperti keluar jamur yang kemudian menyebar dan membunuhnya.

Jamur Saprolegnia SP

Jamur Saprolegnia SP


Penyakit jamur ini mempunyai ciri apabila sudah menyerang lele maka terlihat berbentuk seperti lapisan selaput, banyak ditemukan di perairan air tawar dan payau, suhu air sangat berpengaruh terhadap perkembangan jamur ini.

Ciri-Ciri Penyakit Jamur Saprolegnia SP


Anda bisa melihat kondisi ikan lele anda yang terkena panyakit jamur Saprolegnia SP  seperti di bawah ini:


  • Ikan lele akan terlihat sering mengambang dipermukaan kolam karena kehilangan keseimbangan.
  • Pergerakan ikan lele akan lebih lambat dibanding dengan lele yang masih sehat.
  • Ikan lele akan terlihat seperti benang-benang halus dan seperti kapas yang menempel pada ekor, sirip, insang bahkan dikepalanya.

Penyebab Penyakit Jamur Saprolegnia SP



  1. Kondisi cuaca yang buruk
  2. Kepadatan ikan
  3. Pemberian pakan yang berlebihan
  4. Kualitas air yang buruk 
  5. Perawatan yang kurang maksimal

Untuk Pencegahan

Menjaga kondisi air kolam dengan keadaan yang baik merupakan salah satu pencegahannya, kolam yang bersih akan terhindar dari serangan penyakit jamur dan penyakit lainnya. Dalam pemberian garam grosok di kolam ialah salah satu cara tindakan dalam pencegahannya.

Cara pengobatan Penyakit Jamur Saprolegnia SP


Gunakan Kalium Permanganat (PK)


Kalium Permanganat (PK)Kalium permanganat (PK) dapat mampu membunuh berbagai parasit dengan merusak dinding-dinding sel mereka melalui proses oksidasi. Kalium permanganat (PK) merupakan oksidator kuat yang sering digunakan dalam mengobati penyakit lele akibat ektoparasit dan infeksi bakteri atau jamur terutama pada ikan-ikan di dalam kolam.

Cara Pemakaian


Larutkan PK kedalam air kurang lebih 10 liter dan campurkan sedikit serbuk PK, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu rendam ikan lele yang terkena jamur tersebut selama kurang lebih 30 menit. Apabila yang terinfeksi jamur lebih dari 50 ikan yang ada di kolam maka dapat dilakukan dengan menebarkan larutan PK tersebut ke dalam kolam.






Menggunakan Garam Dapur


Pada dasarnya ikan lele memiliki konsentrasi garam sebesar 1% dalam tubuhnya, sedangkan air tawar biasanya mempunyai konsentrasi garam sebesar 0,1%. Yang pada saat ikan berada di dalam air akan terjadi gradien tekanan osmotik antara ikan dengan air sebagai lingkungannya. Yang melalui proses difusi ikan mengeluarkan garam dan masuknya air tawar. Dalam mempertahankan fungsi seluler yang tepat, ikan secara terus menerus harus mengganti kandungan garam yang hilang dan mengeluarkan kembali air tawar yang berlebih pada tubuhnya. Hal ini disebut dengan proses osmoregulasi, proses ini membutuhkan energi bagi ikan. Pada ikan yang sakit energi yang dikeluarkan ini akan mengakibatkan penurunan stamina ikan sehingga efeknya lebih rentan terhadap serangan parasit dan jamur yang merugikan.

Cara Penggunaannya


Untuk penggunaan dengan cara melarutkan 3 sendok garam pada 10 liter air apabila perlu ditambahkan sedikit cuka, lalu rendam ikan lele yang terkena penyakit jamur tersebut selama kurang lebih 15 menit, angkat kembali ikan dan kemudian dipisahkan dari ikan yang lainnya. Hal ini bertujuan supaya ikan yang terkena penyakit jamur tidak menyebar.

Apabila ikan lele yang terjangkit penyakit jamur banyak, maka dapat menebarkan garam kekolam dengan kadar 3 sendok per meter persegi atau lebih baik mengganti air dan memisahkan ikan yang sakit ketempat yang lain agar penyakit jamur tidak berkembang lagi.

Demikian artikel tentang Cara mengobati ikan lele yang terkena jamur Saprolegnia SP dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih atas kunjungan anda semoga kita selalu diberi kelancaran dalam setiap usaha kita dan semoga sukses selalu amin.




Related Posts

Cara Mengobati Jamur Saprolegnia SP Pada Ikan Lele
4/ 5
Oleh