Kamis, 16 Februari 2017

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Berhasil Dan Sukses

Seputarternakin || Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Dumbo - cara memelihara ikan lele dumbo agar bisa berkembang dan tumbuh dengan baik dan kita harus memperhatikan antara faktor bibit dan jenis ikan lele yang akan kita kembangkan.Lele Dumbo dikenal dengan pertumbuhan yang sangat cepat dan baik di masyarakat ikan lele sudah sangat umum namun kita juga harus belajar Panduan Sukses Budidaya Ikan Lele yang baik dan benar.

Sebelum kita membudidayakan lele dumbo kita harus tahu dulu makanan lele agar cepat atau tumbuh dengan baik dalam memelihara ikan dan cara yang paling baik yaitu dengan metode lele dumbo kolam tanah namun anda juga bisa melihat panduan atau cara ternak lele dumbo pemula disini dan yang perlu anda semua ketahui bahwasanya lele dumbo adalah jenis terbesar dari jenis lele lain dan anda juga bisa mencari refrensi budidaya ikan lele dumbo di kolam terpal dan budidaya ikan lele dumbo di kolam tembok dan yang paling penting anda harus belajar bagaimana cara ternak lele dumbo agar cepat besar tunbuh dengan merata.

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo

Bisnis usaha ternak lele terbilang sangat menjanjikan karna kebutuhan konsumsi masyarakat yang terus meningkat.Pecel lele adalah salah satu menu makanan khas indonesia yang berbahan dasar ikan berwarna hitam ini.

Baca Juga:
Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) berasal dari benua afrika dan pertama datang ke indonesia pada tahun 1984. Ikan air tawar ini mudah dikenal dengan ciri-ciri tubuh licin, tidak bersisik, bentuk pipih memanjang serta memiliki kumis.

Kelebihan Ikan Lele Dumbo


  1. Pertumbuhan cepat
  2. Mampu hidup dilingkungan apa saja
  3. Mempunyai kandungan gizi yang tinggi
  4. Harga terjangkau bagi masyarakat

Lele dumbo termasuk ikan pemakan daging (karnivora), namun pada usia benih lebih bersifat omnivora. Untuk pemijahan, induk ikan sebaiknya berumur 2 tahun atau lebih dan dapat dikawinkan sepanjang tahun.

  • Ciri induk betina : tubuh lebih pendek, mempunyai dua buah lubang kelamin dengan bentuk bulat.
  • Ciri induk jantan : tubuh lebih panjang, hanya memiliki satu buah lubang kelamin yang bentuknya memanjang.

Panduan Sukses Budidaya Ikan Lele

Panduan pembuatan kolam ikan

Pemeliharaan pada kolam dibuat dengan ukuran 7 x 5 meter dan kedalaman 1 meter. Setelah kolam tanah dibuat, keringkan selama 3 hari kemudian pada hari ke 4 taburkan kapur 100 gram per meter persegi, pupuk kandang 700 gram per meter persegi. Biarkan selama 3 hari tanpa air.

Panduan Penebaran benih ikan

Waktu penebaran benih ikan lele ditebar pada pagi hari dengan jumlah 100 ekor per meter persegi untuk bibit umur 1 bulan (ukuran 5 – 110 cm).

Panduan pemberian makanan tambahan

Makanan alami lelel yaitu hytoplankton dan zooplankton. Anda bisa memberi makanan tambahan berupa kotoran ayam, bangkai unggas yang dibakar atau sisa-sisa makanan di dapur yang dibuat adonan dan disebarkan ke kolam. Atau bisa juga tepung pelet sebanyak 0,75 gram per 1000 ekor bibit.

Cara mengatasi/masalah penyakit lele dumbo

Penyakit yang sering menyerang ikan lele dumbo adalah Ichthyopthirius multifiliis atau bintik putih. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan persiapan kolam budidaya yang baik, terutama pengeringan dan pengapuran.cara mengobati penyakit bisa dilakukan dengan menebarkan garam dapur sebanyak 200 gram per meter kubik setiap 10 hari berturut-turut.

Panduan waktu panen ikan lele

Lele dumbo dapat dipanen pada umur 2 bulan terhitung sejak waktu penebaran benih ikan. Pertumbuhan badan berubah dari 10 gram menjadi 200 – 300 gram.

Demikian lah informasi yang bisa saya berikan kepada anda dan atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih dan semoga ilmu yang pengatahuan yang ada di blog ini bisa bermanfaat buat kita semua salam sukses selalu.

Related Posts

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Berhasil Dan Sukses
4/ 5
Oleh