Jumat, 14 Juli 2017

Budidaya Ikan Lele Modern Hasil Berlipat Ganda

Seputarternakin ||Budidaya Ikan Lele Modern Hasil Berlipat - Ikan lele merupakan salah satu ikan favorit masyarakat dari berbagai kalangan baik dari kalangan bawah,menengah dan atas ikan lele sangatlah famelier yang bisa kita temukan di berbagai lestoran banyak sekali sekarang ini warung-warung makanan yang menyajikan menu ikan lele.

Untuk itu sangatlah penting untuk kita bila menggeluti bisnis ini karna prospek pasar yang sangat menjanjikan maka dari itu kita perlu mempelajari atau mencari pengalaman dalam pengebangan bisnis ikan lele banyak sekali ilmu tentang dunia perikanan yang bisa kita dapatkan dari berbagai sumber seperti internet atau bahkan dari peternak langsung tidak sedikit orang yang melakukan penelitian secara langsung untuk mengembangkan teknologi budidaya ikan lele agar produksinya berlipat ganda.

Disini kita bisa mempelajarinya dengan terus memahami dan mendalaminya baik langsung saja admin akan bagikan kepada anda tentang pengembangan Budidaya Ikan Lele Modern Hasil Berlipat dalam kolam 1 m persegi bisa menghasilkan 250 kg lele, lazimnya hanya 31 kg. Panen lele kini meningkat 800%. Sekilas tidak ada yang spesial di empat kolam semen yang saling berhadapan itu. Pengelola membudidayakan lele di kolam milik Sekolah Tinggi Perikanan (STP), Serang, Provinsi Banten.

Budidaya Ikan Lele Modern Hasil Berlipat


Budidaya Ikan Lele Modern Hasil Berlipat




Ampuhnya lagi sebuah kolam berukuran 2 m x 1,5 m x 0,7 m itu berpopulasi 5.000 lele. Artinya rata-rata populasi 2.380 ikan per 1 m3. “Lazimnya peternak hanya mengisi 300 lele per m kata Margono SSTPi, penanggung jawab pembenihan di kampus itu.Dalam hal ini memang harus menggunakan bibit ukuran yang besar dengan ukuran 9-10 cm dengan alasan agar kita tidak perlu melakukan penyutiran dan karna ikan dengan ukuran ini sudah dipastikan kelulusan hidup bisa mencapai 80-90 % jangka waktu pemeliharaan hanya butuh waktu 2 bulan.

Ikan Lele Modern Hasil Berlipat Ganda


Budidaya Ikan Lele Modern merupakan cara yang sangat efektiv dalam meningkatkan produksi dengan jumlah ikan superpadat Padahal, kebanyakan peternak enggan membudidayakan lele dengan kepadatan tinggi karena berpotensi mati. Kepala Bagian Administrasi Pelatihan Perikanan Lapangan (BAPPL), Sekolah Tinggi Perikanan, Sinung Rahardjo APi MSi, mengatakan kematian tinggi karena kandungan oksigen dalam air rendah sehingga tercipta kondisi anaerob.

Baca Juga:
Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele
Cara Supaya Bibit Lele Dapat Besar Merata
Budi Daya Ikan Lele Albino

Efek samping daribahan organik menimbulkan senyawa beracun seperti amonia, nitrit, dan hidrogen sulfida. Senyawa itu lebih cepat terserap insang daripada oksigen sehingga menyebabkan ikan mati. Meski padat tebar tinggi, Clarias sp. di kolam milik BAPPL hidup nyaman. Survival rate alias tingkat kelulusan hidup mencapai 80-90%.

Bagaimanakah resep ilmu ikan lele kolam kecil tapi hasil panen berlipat ganda?

Dalam hal ini teknologi Catfish Farming in Recirculation System Tank (C-First) atau budidaya lele dengan sistem resirkulasi,” kata Sinung. Kandungan oksigen dengan sistem resirkulasi menjadi lebih baik karena adanya aliran air sepanjang waktu sehingga kondisi menjadi aerob. Dampaknya nitrifikasi alias perubahan amonia menjadi nitrit dan nitrit menjadi nitrat berlangsung dengan baik.Itu sejalan dengan penelitian Nainna Anjanni Ade Lestari, Rara Diantari, dan Eko Efendi. Para periset dari Jurusan Budidaya Perairan Universitas Lampung itu yang mengungkapkan kandungan fosfat menurun karena penggunaan filter mekanik berupa arang dan zeolit.

Hasil riset yang termaktub dalam e-Jurnal Rekayasa Dan Teknologi Budidaya Perairan 2015 itu menunjukkan arang paling banyak menyerap fosfat sebanyak 0,02675 mg per liter. Sementara zeolit menurunkan fosfat 0,021 mg per liter. Konsenstrasi fosfat yang tinggi dalam perairan mempengaruhi metabolisme ikan dan bisa menyebabkan kematian.

Mungkin hanya ini saja yang bisa admin bagikan kepada anda semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat untuk kita semua terima kasih atas kunjungan anda semoga sukses selalu amin.

Related Posts

Budidaya Ikan Lele Modern Hasil Berlipat Ganda
4/ 5
Oleh