Minggu, 11 Juni 2017

Cara Supaya Bibit Lele Dapat Besar Merata

Seputarternakin ||Cara Supaya Bibit Lele Dapat Besar Merata -Bibit merupakan salah satu penentu bagi anda yang ingin melakukan usaha pembesaran ikan khususnya ikan lele dan yang perlu anda perhatikan adalah kualitas bibit itu sendiri hal ini sangatlah berpengaruh terhadap hasil usaha anda agar bisa panen merata pastinya

Cara Supaya Bibit Lele Dapat Besar Merata

Cara Supaya Bibit Lele Dapat Besar Merata


Dalam pemilihan bibit yang berkualitas anda bisa menemukan bibit ikan yang bersertifikat yang bisa kita dapatkan dari berbagai sumber karna kita harus faham dan teliti dalam hal ini.

sekarang ini banyak sekali jenis-jenis bibit ikan lele yang bisa kita temui di sekitar wilayah kita misalnya lele sangkuriang, phyton, masamo, mutiara dan lin-lain. Dalam hal ini tidak mempermasalahkan jenis induk, karena untuk jenis-jenis induk sekarang banyak yang sudah diuji. Untuk hal yang paling penting ialah bagaimana mendapatkan bibit yang kualitas 1 atau 2 biasanya pertumbuhan lele saat dari ukuran 1-2 “2-3 cm” hingga 3-5 “5-6 cm” pasti tidak merata, jika di sortir akan menjadi 3 ukuran.

Dari berbagai macam ukuran diatas usahakan cari bibit yang paling besar dan bila memang ada maka carilah ukuran  5-7 “7-8”, dengan semakin besar untuk ukuran bibit lele jika semakin besar maka akan lebih mudah juga dalam perawatannya. 

Pada saat anda mencari usahakan bibit ikan lele anda dalam keadaan yang sehat maksudnya tidak setres,menggantung atau sakit.Dalam hal ini bila anda memakai bibit ini besar kemungkinan usaha ikan lele anda akan gagal maka dari itu anda harus benar-benar memastikan bibit yang anda pilih memanglah sangat unggul atau sehat.

Proses Pemberian Pakan


  • Bibit lele yang terlalu makan banyak pelet juga akan bermasalah karena kesulitan mencerna pelet. Dalam pemberian pelet lebih baik dengan menggunakan probiotik karena pelet yang difermentaso dengan probiotik jika dimakan lele akan mudah dicerna dan nutrisnya lebih mudah terserap oleh tubuh lele. Ini akan sangat menguntungkan karena nutrisi tidak banyak terbuang percuma dan pertumbuhan lele semakin cepat dan masa panen lebih pendek.


  • Dengan probiotik kita bisa menghemat pakan dan menurunkan FCR. FCR merupakan konversi antara jumlah pakan dan daging yang dihasilkan setelah panen. Untuk keuntungan laindengan penggunaan probiotik ialah air kolam tidak bau, meminimalkan pergantian air besar-besaran karena kualiatas air akan terjaga.


Berikut adalah  presentase penyerapan nutrisi dengan probiotik dan yang tidak menggunakan yaitu:

  1. Pelet dengan probiotik yaitu nutrisi pelet yang terserap tubuh lele lebih dari 40% bahkan dengan kondisi tertentu hingga 70% jika difermentasi minimal 12 jam.
  2. Pakan tanpa probiotik, yaitu nutrisi pakan yang diserap tubuh ikan maksimal 40%.

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan kepada anda semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda bila masih belum faham silahkan komentar di bawah ini semoga berhasil amin.

Related Posts

Cara Supaya Bibit Lele Dapat Besar Merata
4/ 5
Oleh