Selasa, 28 Februari 2017

Cara Pemijahan Dan bisnis Ikan Lele Sangkuriang Secara Semi Intensif

Seputarternakin || Cara Pemijahan Dan bisnis Ikan Lele Sangkuriang Secara Semi Intensif - Dalam hal ini tentunya pemijahan dan bisnis ikan lele sangatlah menjanjikan dan bisa langsung anda praktekkan dan di sini anda bisa belajar dengan langsung baik sobat silahkan anda simak sekilas ulasan berikut. 

Proses pemijahan secara semi intensif hampir sama dengan secara alami, yang membedakan adalah pada induk jantan dan betina disuntik dengan menggunakan hormon perangsang untuk pematangan dan ovulasi sel telur.Pada induk lele sangkuriang yang sudah disuntik di masukkan ke dalam media atau tempat seperti bak atau kolam terpal khusus pemijahan, yang sudah dilengkapi dengan kekaban dan dibiarkan memijah sendiri dan proses pemijahan berjalan secara alami.

Hormon perangsang dapat berupa:

  • Ekstrak kelenjar hipofisa yang berasal dari lele atau ikan mas sebagai ikan donor universal/umum.
  • Ovaprim (hormon komersial)
  • HCG (human chorionic Gonadotropin)


Proses Cara Pemijahan Lele Sangkuriang


 Proses Cara Pemijahan Lele Sangkuriang
Pada induk lele jantan dan betina yang akan disuntik hormon harus sudah matang gonad.Dalam pemakaian dosis yang digunakan yakni berkisar 0,2 sampai 0,3 ml/kg. Untuk pengenceran ovaprim dapat menggunakan aquabidest atau air mineral yang steril sebanyak 3 kali dosis ovaprim.Untuk penyuntikan dilakukan satu kali di bagian punggungnya. 

Untuk penyuntikan dapat dilakukan pada saat kondisi sore hari yakni sekitar jam 16.00, setelah penyuntikan lalu masukkan sepasang lele ke dalam bak atau kolam terpal yang khusus pemijahan. Dalam pemijahan ini biasanya terjadi sekitar antara jam 23.00 hingga 05.00. Untuk kolam pemijahan ini sebaiknya ditutupi hal ini supaya induk tersebut tidak meloncat keluar kolam.

Untuk kelenjar hipofisa ini bisa diperoleh dari ikan mas atau ikan donor “ikan mas atau lele yang telah dewasa dan kondisi sehat. Penggunaan dosis dalam penggunaan hipofisa itu sendiri yakni 1 dosis, yang dalam artian berat ikan donor yang akan diambil kelenjar hipofisa sama dengan induk lele yang akan disuntik. Misalnya berat lele yang akan dipijah 1 kg maka berat ikan pendonor sebaiknya 1 kg juga.


Demikian ulasan - ulasan yang bisa admin berikan dan semoga bermanfaat dan pastinya bisnis ikan lele sangkuriang dan pemijahan sangatlah mengeuntungkan mengingat kebutuhan konsumsi ikan lele yang pastinya terus meningkat dan bertambah semoga sukses dan berhasil.



Related Posts

Cara Pemijahan Dan bisnis Ikan Lele Sangkuriang Secara Semi Intensif
4/ 5
Oleh